Monday 5 September 2011

Bukan gagal tapi kehabisan waktu (Time out)

Welcome To A-RAYA Tour and Travel....

Kebanyakan dari kita selama ini mikir, kalau gagal identik dengan TIDAK BISA. saya juga mikirnya gitu. tapi apakah kita nyadari kalo kegagalan kita mencapai suatu sasaran sebenernya karena KEHABISAN WAKTU...???

Kok ? Coba perhatiin hidup kita, berulang2… isinya ujian dan ujian, pelajaran dan pelajaran... kayak sekolah saja. Saya bilang gagal itu bukannya TIDAK BISA, kenapa ? ya orang yg sudah yakin pengen melakukan sesuatu utk mencapai apa yg diinginkannya, dia tahu kalo dia bisa melakukan sesuatu utk tujuannya itu bukan ?

Saat saya mau masuk jurusan Teknik Elektro 16 tahun yang lalu, saya tau bisa ngejalaninnya, makanya saya ambil ujian utk jurusan itu. Saya mau beli mobil, saya tau kemampuan saya dan caranya, saya bisa melakukan sesuatu utk mewujudkannya. jadi sebenernya utk org yg ingin mencapai tujuannya, gak ada istilah “gak bisa”. saya percaya orang yang “gak bisa” adalah org yg tidak mau menjalani hal yg bukan tujuannya. Saya gak pengen masuk jurusan kedokteran atau biologi atau fisika… saya “gak bisa” karena saya tau itu bukan tujuan yg saya mau.

Trus gimana dg org yg mau, tapi gak berhasil menggapai apa yg mereka targetkan ? Menurut saya mereka ini bukan org yg gagal, tapi org2 yg kehabisan waktu. Mereka yg minat banget masuk jurusan kedokteran tapi gak lulus, ya mereka kehabisan waktu, mereka kehabisan waktu buat menyempurnakan ilmu mereka, begitu juga memperbaiki kesalahan yg mereka lakukan saat ujian.

Gitu juga dalam hidup, banyak dari kita gagal mencapai tujuan karena “kehabisan waktu”. pencapaian suatu sasaran bergantung kepada, planning, strategy, risk analisys, dll.... seberapa siap kita menyiapkan kelengkapan faktor2 itu, itu yg menentukan ketepatan waktu kita dalam mencapainya.

Kebanyakan org juga gitu , ingin menggapai sesuatu karena ikut2an, tren, karena omongan orang lain, dll. sehingga sebenernya mereka jadi membuang2 waktu percuma dg persiapan yg gagal gak bisa mencapai sasarannya itu. Bagi saya kalau itu bukan sasaran yg benar2 saya capai, mendingan saya lihat sasaran lain saya kejar sasaran itu dg persiapan sematang yg bisa saya persiapkan.

Jadi apa yg terjadi kalau kehabisan waktu dan kita gagal menggapainya ? ada jargon umum “sejarah selalu berulang kembali”. menjadikan apa yg gagal sekarang sebagai pelajaran, dan mempersiapkannya lebih matang supaya di lain kesempatan gak lagi kehabisan waktu. kecuali kehabisan waktu kita hidup di dunia. susah kali yah mengulangnya…bahkan bagi saya sangat gak mungkin hehehehe

Tengkyu, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Tidak diperkenankan memberikan komentar yang bersifat mendeskriditkan pihak lain, berbau SARA dan atau hal-hal yang bisa merugikan orang lain

Tangisan Rasulullah untuk Pria Ini Mampu Guncangkan Arsy

Pusat Tiket, Tour, Umrah dan Haji Khusus Rasulullah SAW merupakan sosok manusia paling sempurna keimanannya kepada Allah SWT. Sama seperti...