Friday 4 November 2011

Welcome To A-RAYA Tour and Travel....

Pertumbuhan Travel Agent dari waktu ke waktu terus bertambah, dan semuanya berlomba-lomba menawarkan paket yang menarik dan murah. Bahkan mereka melancarkan promosi yang bisa dibilang berani dan banting harga di berbagai media dari Internet sampai selebaran brosur.

Ada baiknya bila Anda memperhatikan beberapa tips dalam memilih Travel Agent, agar Anda tidak menyesal.

PERTAMA...:
...
Pilihlah travel agent atau penyedia jasa dengan latar belakang usaha yang jelas. Hal ini dapat diukur dengan membaca secara teliti profil dari penyedia jasa bersangkutan (biasanya dapat di-check dihalaman about us, tentang kami, atau profil usaha). Akan lebih baik jika Anda menaruh perhatian lebih kepada penyedia jasa dalam bentuk perusahaan ketimbang pribadi ataupun perseorangan.

Banyak juga usaha jasa perjalanan pribadi yang memgaku Travel agent, tapi perlu diketahui bahwa untuk membuat travel agent resmi membutuhkan persyaratan sebagai berikut :

Perusahaan tersebut harus menggunakan akte PT (perseroan terbatas) Khusus Travel Agent bukan CV, UD, ataupun firma, dan telah terdaftar di Dinas Pariwisata dan kebudayaan provinsi setempat, mempunyai rekening bank atas nama perusahaan (bukan pribadi), surat domisili perusahaan, dll. Ada benarnya anda tanyakan itu semua kepada calon Travel Agent anda untuk lebih meyakinkan anda bahwa Travel Agent tersebut resmi.

KEDUA :

Jangan langsung percaya kepada penyedia jasa yang memikat Anda melalui promosi yang menurut penilaian Anda hal tersebut dilakukan dengan biaya yang cukup tinggi. Terkadang penyedia jasa nakal juga sering menempuh jalan ini untuk mengelabui opini calon wisatawan akan prestise semu mereka. Namun hal ini bukanlah patokan pasti, karena tidak semua pemasang iklan memiliki tabiat serupa. Hati-hati dan teliti sebelum membeli itu jalan terbaik.

KETIGA :

Pastikan penyedia jasa pilihan Anda memiliki info kontak yang jelas. Misalnya alamatnya lengkap, punya nomor telepon dan juga fax, serta tersedianya nomor emergency yang dapat dihubungi kapan saja. Hindari penyedia jasa yang H A N Y A mencantumkan nomor HP (seluler) dan atau alamat email saja, karena kedua jenis kontak tersebut dapat dirubah (diganti) kapan saja bahkan dengan jalan yang cukup mudah.

KE EMPAT :

Konsentrasikan pilihan Anda kepada penyedia jasa yang memberikan informasi secara detail dalam website/blog mereka. Contoh jika Anda membutuhkan informasi tentang paket liburan, tentu saja website tersebut harus dapat menjelaskan kepada Anda tentang hotel yang akan Anda tempati, kegiatan wisata yang akan anda ikuti, restauran yang akan Anda singgahi, serta benefit lain yang akan Anda dapatkan bila memesan paket tersebut.

KELIMA :

Akan lebih baik bila Anda memilih penyedia jasa yang memiliki layanan interaktif secara online baik berupa chating (messenger) atau juga webcam. Penyedia jasa dengan layanan ini mencerminkan bahwa mereka adalah travel agent yang berani dan siap tempur.

Keenam, jangan pernah termakan rayuan penyedia jasa yang berpromosi melalui email yang masuk ke kotak surat Anda dengan tanpa Anda inginkan. Hal ini lebih populer disebut "spam", kecuali email tersebut datang dari news group yang anda ikuti, forum diskusi, maupun newsletter yang telah Anda daftar sebelumnya.

KETUJUH :
Apabila menemukan penyedia jasa yang telah lulus 6 persyaratan di atas, hal terakhir yang patut Anda lakukan adalah melakukan tes pemesanan produk. Lakukan pemesanan melalui email atau telepon dan tunggu berapa lama respon yang diberikan oleh penyedia jasa tersebut terhadap pemesanan yang anda kirimkan, umumnya semakin cepat, semakin baik. Anda juga dapat melakukan pemesanan melalui yahoo messenger, sembari menguji kesigapan para penyedia jasa dalam menanggapi permintaan Anda.

KE DELAPAN :

Akan menjadi lebih baik sebelum anda melakukan transaksi pembayaran dengan travel yang bersangkutan, anda bisa menghubungi maskapai yang bersangkutan (nomor telpon bisa anda dapatkan dari panggilan Telkom "108") untuk memastikan apakah travel agent tersebut adalah benar travel agent yang bermitra secara resmi dengan maskapai yang bersangkutan

Contact Us :

PT. A-RAYA LINTAS PERSADA (BATAM)
Komp. Ruko Panbil Blok E No. 11 Mukakuning Batam
Kep Riau - Indonesia
Telp: 0778-362402
Fax: 0778-364317

PT. A-RAYA LINTAS PERSADA (SURABAYA)
Komp. Ruko Niaga Sentosa 3A, Jl. Letjend Sutoyo 140
Bungurasih Surabaya
Telp: 031-8547791
Fax: 031-8545342

Hotline SMS : 0813-6445-8405

YM ID : arayatourandtravel atau arayatraveldua
Blog : arayatravel.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Tidak diperkenankan memberikan komentar yang bersifat mendeskriditkan pihak lain, berbau SARA dan atau hal-hal yang bisa merugikan orang lain

Tangisan Rasulullah untuk Pria Ini Mampu Guncangkan Arsy

Pusat Tiket, Tour, Umrah dan Haji Khusus Rasulullah SAW merupakan sosok manusia paling sempurna keimanannya kepada Allah SWT. Sama seperti...