Monday 17 September 2012

JALANKAN BISNIS DENGAN KEMITRAAN dan KEMBANGKAN BISNIS DENGAN CO-BRANDING

Welcome To A-RAYA Tour and Travel....



Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat dipisahkan dari komunitasnya dan setiap orang di dunia ini tidak ada yang dapat berdiri sendiri melakukan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya, tanpa bantuan orang lain. Secara alamiah, manusia melakukan interaksi dengan lingkungannya, baik sesama manusia maupun dengan makhluk hidup lainnya guna untuk menjadikan dirinya tetap bertahan dan bahkan dalam konteks bisnis mampu membuat dirinya bersaing dan bahkan mampu memenangkan persaingan yang dirasa semakin ketat.

Begitupun yang dilakukan oleh Nugroho Mulyono, pelaku Bisnis Biro Perjalanan Wisata dalam aktivitas menjalankan usaha. Arek Suroboyo yang lahir 36 tahun lalu ini meyakini bahwa dalam menjalankan bisnisnya, selalu membutuhkan kehadiran dan peran orang lain (pihak lain). Tidak ada seorang pengusaha atau wirausaha pun yang sukses karena hasil kerja atau usahanya sendiri tanpa ada peran orang lain dibelakangnya.

JALANKAN BISNIS DENGAN KEMITRAAN




Menjamurnya bisnis biro perjalanan wisata membuat para pelaku usaha di bidang ini termasuk dirinya, semakin sibuk bersaing memamerkan keunggulan, dan berusaha untuk senantiasa menggali inovasi-inovasi terbaru demi mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Peningkatan standar ekonomi masyarakat juga mendorong terus berkembangnya bisnis ini. Hal ini semakin diperkuat dengan adanya kecenderungan
bahwa hampir setiap orang semakin sering bepergian yang secara otomatis semakin tergantung dengan sebuah Biro Perjalanan Wisata. Optimisme akan potensi bisnis ini kedepan sangat dirasakan oleh Nugroho sejak 2007, saat bisnis ini mulai dia bangun.

Kini dengan memiliki 14 Kantor Perwakilan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia mulai dari Batam, Jakarta, Blitar, Surabaya, Jember, Tenggarong dan Makassar serta lebih dari 100 member kemitraan yang dimiliki oleh A-RAYA Tour and Travel hanya dalam kurun waktu 5 tahun, menjadikannya semakin yakin bahwa metode Kemitraan yang dia jalankan untuk bisnis Biro Perjalanan Wisatanya dengan brand A-RAYA Tour and Travel ini merupakan bagian dari langkah strategis yang telah dilakukannya. Bisnis kemitraan yang diyakini Nugroho merupakan strategi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk meraih keuntungan bersama dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan.
Karena merupakan strategi bisnis maka keberhasilan kemitraan sangat ditentukan oleh adanya kepatuhan diantara yang bermitra dalam menjalankan etika bisnis. Intinya kemitraan merupakan jalinan kerja sama usaha yang merupakan strategi bisnis yang dilakukan antara A-RAYA Tour and Travel dengan pihak lain dengan prinsip saling membutuhkan, saling memperbesar, dan saling menguntungkan. 




Baginya, kemitraan itu merupakan suatu kegiatan saling menguntungkan dengan berbagai macam bentuk kerja sama dalam menghadapi dan memperkuat satu sama lainnya. Tujuan utama kemitraan adalah untuk mengembangkan pembangunan yang mandiri dan berkelanjutan dengan landasan dan struktur perekonomianyang kukuh dan berkeadilan dengan ekonomi rakyat sebagai tulang punggung utamanya. Sedangkan kemitraaan usaha adalah sebuah jalinan kerjasama usaha yang salinmenguntungkan antara pengusaha kecil dengan pengusaha menengah atau besar (perusahaan mitra) yang disertai dengan pembinaan dan pengembangan oleh pengusaha besar, sehingga saling memerlukan, menguntungkan, dan memperkuat usahanya. Dengan menerapkan bisnis kemitraan, Nugroho berharap bisnis yang dia jalankan ini adalah salah satu bisnis yang menguntungkan dan merupakan suatu bisnis yang tidak pernah mati. Oleh karena itu A-RAYA Tour and Travel senantiasa terus berusaha merangkul semua pihak baik dalam konsep bisnis maupun sharing market berbentuk cobranding.

KEMBANGKAN BISNIS DENGAN CO-BRANDING

Trend melakukan co-branding tidak hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang punya program marketing yang canggih saja. Perusahaan kecil dan menengah seperti A-RAYA Tour and Travel pun sudah sangat memahami pentingnya arti cobranding dalam pengembangan jaringan usaha nya. Co-branding adalah strategi branding terhadap suatu produk atau jasa dengan melibatkan satu atau lebih nama
merek. Kerja sama ini dapat memanfaatkan berbagai macam komponen dari merek yang ada.

Langkah ini telah diambil oleh Nugroho sejak beberapa tahun yang lalu melalui jaringan bisnis yang dimiliki oleh A-RAYA Tour and Travel untuk bisa merangkul para pelaku usaha yang lain agar sama-sama bisa bersinergi dan berbagi market yang dimiliki baik oleh A-RAYA tour and Travel maupun mitra co-branding nya. 

Pertanyaannya adalah mengapa co-branding ini ditempuh ? Salah satunya adalah adanya ekspektasi sinergi yang diharapkan muncul dari strategi ini. Sinergi muncul ketika co-branding memberikan value bagi masing-masing merek. Baik value dalam bentuk laba ataupun value dalam bentuk peningkatan brand equity setiap merek. Di samping ekspektasi sinergi dan upaya memperkuat brand equity, co-branding merupakan strategi yang dapat ditempuh guna membangun merek yang top. Beberapa peraih predikat top brand kerap kali menerapkan strategi ini. Tentu saja tidak semua strategi co-branding akan berhasil mengantarkan sebuah merek menjadi merek yang top. Dalam skenario terbaik, ketika terjadi sinergi antar co-brander, awareness dari merek baru akan meningkat, terutama ketika co-brander memiliki basis pelanggan yang berbeda

Pencapaian yang diperoleh dari konsep co-branding dari perspektif value-creating yang didapat A-RAYA Tour and Travel diantaranya : 


  1. Mencapai awareness. Disini Nugroho sebagai owner A-RAYA Tour and Travel sangat merasakan bahwa konsep co-branding yang dia jalankan ini telah dapat menyentuh level terendah dari penciptaan nilai. Disamping itu bagi A-RAYA Tour and Travel, pelaksanaan co-branding selama ini telah mampu mencapai dan menciptakan awareness bagi kedua brand bersangkutan untuk target konsumen yang telah ada.
  2. Value endorsement. Dengan Co-branding , bagi A-RAYA Tour and Travel telah mampu menciptakan brand values dan brand assosication yang mampu bersaing dalam kompetisi bisnis yang semakin ketat.
  3. Dan terakhir, Dengan Co-branding ini mampu melengkapi kompetensi. Strategi co-branding ini juga bertujuan agar dua brand yang kuat dan brand yang cocok secara bersama bisa saling bersinergi, baik yang dirasakan oleh A-RAYA Tour and Travel maupun mitra co-brandingnya



Bagi yang berminat menjalin kemitraan maupun kerjasama co-branding dengan A-RAYA Tour and Travel, beberapa keuntungan yang akan diperoleh bagi perusahaan anda melalui strategi co-branding diantaranya :


  1. Meningkatkan brand equity perusahaan terkait.
  2. Tingkat kesuksesan memasuki pasar lebih tinggi melalui strategi co-branding dengan brand terkenal yang telah memiliki nama di pasar seperti A-RAYA Tour and Travel yang memiliki 14 Kantor perwakilan dan lebih dari 100 mitra yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.
  3. Co-branding bersama A-RAYA Tour and Travel memungkinkan perluasan penggunaan produk bagi perusahaan anda.
  4. Penggunaan loyalitas biasanya diikuti dengan kesepakatan co-branding. Yang mana Antara A-RAYA Tour and Travel dan perusahaan perusahaan mitra akan berbagi biaya program loyalitas, dan akhirnya biaya promosi perusahaan akan menurun.
  5. Co-branding dapat memberikan tanda ke pasaran bahwa perusahaan aktif dan memiliki berbagai strategi dalam membangun brand-nya.
  6. Terciptanya sinergi antar brand yang bekerjasama sehingga memberi kekuatan tambahan bagi keduanya.
  7. Perusahaan akan mendapatkan keuntungan lain seperti preferensi pembelian, harga premium, bahkan meningkatkan brand image 



No comments:

Post a Comment

Tidak diperkenankan memberikan komentar yang bersifat mendeskriditkan pihak lain, berbau SARA dan atau hal-hal yang bisa merugikan orang lain

Tangisan Rasulullah untuk Pria Ini Mampu Guncangkan Arsy

Pusat Tiket, Tour, Umrah dan Haji Khusus Rasulullah SAW merupakan sosok manusia paling sempurna keimanannya kepada Allah SWT. Sama seperti...